Kamis, 17 September 2015

Konfigurasi Mangle dan Management Bandwidth

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Postingan kali ini masih berkaitan dengan projek warnet, mengenai mangle dan management bandwidth. Maksud dan tujuan konfigurasi ini yaitu, untuk memberikan limitasi bandwidth yang didapat pada setiap client. Membedakan jalur koneksi untuk browsing dan game online. Kami mendapat bandwidth sebesar 5 mb dari ISP. Berikut tutorialnya.


Langkah - langkah :

Sebelum membuat mangle kita harus mengimport ip address di router nice ke address-list nice di routerOS. Nice adalah kumpulan ip address local.

Cara mengimport nice : disini file nice sudah disave didalam notepad dan diletakkan di data laptop

Pilih menu Files



Cari file nice yang sudah disave di notepad kemudian copy


Paste file nice kedalam menu files


Buka file nice kemudian import file nice dengan script dibawah ini


Cara membuat mangle :

Pilih menu IP - Firewall, kemudian pada tab mangle pilih icon + untuk membuat mangle



Pembuatan Mangle Game Online

Pembuatan Mangle Point Blank :

1. Port TCP
  • Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
  • Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
  • Protocol = TCP
  • DST Port = 39190
  • Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
  • New - Connection Mark =  Koneksi - Game ( nama penandaan koneksi )
  • Klik Ok
  • Beri comment untuk mengetahui mangle point blank






2. Port UDP
  • Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
  • Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
  • Protocol = UDP
  • DST Port = 40000 - 40010
  • Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
  • New - Connection Mark =  Koneksi - Game ( nama penandaan koneksi )
  • Klik Ok




Pembuatan Mangle Ayo Dance :

1. Port TCP
  • Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
  • Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
  • Protocol = TCP
  • DST Port = 18901 - 18909
  • Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
  • New - Connection Mark =  Koneksi - Game ( nama penandaan koneksi )
  • Klik Ok
  • Beri comment untuk mengetahui mangle ayo dance



Pembuatan Mangle Modoo Marble :

1. Port TCP
  • Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
  • Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
  • Protocol = TCP
  • DST Port = 28901 - 28920
  • Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
  • New - Connection Mark =  Koneksi - Game ( nama penandaan koneksi )
  • Klik Ok
  • Beri comment untuk mengetahui mangle modoo marble



Pembuatan Mark Packet Untuk Semua Game Online :

  • Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
  • Connection Mark = Koneksi - Game ( menandai paket yang bernama koneksi game )
  • Action = mark packet ( menandai koneksi paket yang melewati router )
  • New - Connection Mark =  Paket - Game ( nama penandaan untuk paket game online )
  • Hilangkan tanda ceklis pada passthrough
  • Klik Ok





Pembuatan Mangle Browsing

Pembuatan Mangle IIX :
  • Chain = Forward
  • Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
  • Out. Interface = ether1
  • Dst. Address List = nice
  • Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
  • New - Connection Mark =  Koneksi - IIX ( nama penandaan koneksi )
  • Klik Ok





Pembuatan Mangle INTL :
  • Chain = Forward
  • Src Address = 192.168.2.0/24 ( ip network )
  • Out. Interface = ether1
  • Dst. Address List = beri tanda pada nice
  • Action = mark connection ( menandai koneksi melewati router )
  • New - Connection Mark =  Koneksi - INTL ( nama penandaan koneksi )
  • Klik Ok
  • Beri comment untuk mengetahui mangle browsing






Pembuatan Mark Packet Untuk IIX :

  • Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
  • Connection Mark = Paket - IIX ( menandai paket yang bernama koneksi iix )
  • Action = mark packet ( menandai koneksi paket yang melewati router )
  • New - Connection Mark =  Paket - IIX ( nama penandaan untuk paket iix )
  • Hilangkan tanda ceklis pada passthrough
  • Klik Ok




Pembuatan Mark Packet Untuk INTL :

  • Chain = Prerouting ( digunakan jika memakai switch yang unmanageable )
  • Connection Mark = Paket - INTL ( menandai paket yang bernama koneksi intl )
  • Action = mark packet ( menandai koneksi paket yang melewati router )
  • New - Connection Mark =  Paket - INTL ( nama penandaan untuk paket intl )
  • Hilangkan tanda ceklis pada passthrough
  • Klik Ok



Hasil pembuatan mangle game online dan browsing




Pembuatan Bandwidth

Pembutan bandwidth, tujuan dari pembuatan bandwidth adalah untuk melimit bandwidth pada semua pc client agar semua sama rata. 

Cara melimitasi bandwidth :
 
Pilih menu Queues kemudian klik icon +




Pembuatan Parent Total Bandwidth
  • Name = Total Bandwidth
  • Target = 192.168.2.0/24
  • Target Upload Max Limit = 5M
  • Target Download Max Limit = 5M
  • Packet Marks = Paket - IIX & Paket - INTL
  • Queue Type = default




Pembuatan Parent Koneksi IIX

  • Name = A. Koneksi IIX
  • Target = 192.168.2.0/24
  • Target Upload Max Limit = 2M
  • Target Download Max Limit = 2M
  • Packet Marks = Paket - IIX
  • Queue Type = default
  • Parent = Total Bandwidth
  • Klik Ok




Pembuatan Parent Koneksi INTL

  • Name = B. Koneksi INTL
  • Target = 192.168.2.0/24
  • Target Upload Max Limit = 2M
  • Target Download Max Limit = 2M
  • Packet Marks = Paket - INTL
  • Queue Type = default
  • Parent = Total Bandwidth
  • Klik Ok



Limitasi Bandwidth Koneksi IIX

PC 1 :
  • Name = PC - 1 IIX
  • Target = 192.168.2.2
  • Target Upload Max Limit = 512k
  • Target Download Max Limit = 512k
  • Burst Limit = 1M
  • Burst Threshold = 512k
  • Burst Time = 30s
  • Packet Marks = Paket - IIX
  • Target Upload Limit At = 196k
  • Target Download Limit At = 196k
  • Queue Type = default
  • Parent = A. Koneksi IIX




PC 2 :
  • Name = PC - 2 IIX
  • Target = 192.168.2.3
  • Target Upload Max Limit = 512k
  • Target Download Max Limit = 512k
  • Burst Limit = 1M
  • Burst Threshold = 512k
  • Burst Time = 30s
  • Packet Marks = Paket - IIX
  • Target Upload Limit At = 196k
  • Target Download Limit At = 196k
  • Queue Type = default
  • Parent = A. Koneksi IIX




Limitasi Bandwidth Koneksi INTL

PC 1 :
  • Name = PC - 1 INTL
  • Target = 192.168.2.2
  • Target Upload Max Limit = 512k
  • Target Download Max Limit = 512k
  • Burst Limit = 1M
  • Burst Threshold = 512k
  • Burst Time = 30s
  • Packet Marks = Paket - INTL
  • Target Upload Limit At = 196k
  • Target Download Limit At = 196k
  • Queue Type = default
  • Parent = B. Koneksi INTL



PC 2 :
  • Name = PC - 1 INTL
  • Target = 192.168.2.3
  • Target Upload Max Limit = 512k
  • Target Download Max Limit = 512k
  • Burst Limit = 1M
  • Burst Threshold = 512k
  • Burst Time = 30s
  • Packet Marks = Paket - INTL
  • Target Upload Limit At = 196k
  • Target Download Limit At = 196k
  • Queue Type = default
  • Parent = B. Koneksi INTL





Pembuktian Game Online

Tes game online, mainkan game online kemudian cek pada mangle :
  • Port tcp akan berjalan mulai dari login game online / ketika game distart
  • Port udp akan berjalan jika game sudah dimainkan
  • Paket game pada mangle juga akan berjalan








Pembuktian Browser

Test kecepatan upload dan download pada tiap client di speedtest

Terlihat PC - 1 mendapat kecepatan hampir 2 Mbps. Hal ini dikarenakan hanya PC - 1 yang menggunkana internet. Jika ada 2 PC yang menggunkana internet maka secara otomatis bandwidth akan dibagi menjadi 2, jika 3 PC yang menggunakan internet maka secara otomatis bandwidth akan dibagi menjadi 3 dan seterusnya.


 Tes dengan membuka situs local atau internasional.

  • Jika membuka situs local maka bandwidth akan terdeteksi di Paket - IIX
  • Jika membuka situs internasionala maka bandwidth akan terdeteksi di Paket - INTL





Terima Kasih

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar